Iklan

Basarnas Bali Menggandeng PMI Selenggarakan Donor Darah

BaliKini News
Rabu, 22 Februari 2023 | 21:53 WIB Last Updated 2023-02-22T14:53:11Z

BALIKINI NEWS | JIMBARAN — Bertepatan menjelang puncak acara HUT ke 51 Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar menyelenggarakan acara donor darah, Rabu (22/2/2022) pagi, di ruang serbaguna Gedung Bayu Suta, Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar, Jimbaran. Dalam kegiatan ini turut mengundang TNI/POLRI, BPBD serta para relawan SAR. 

Seperti tahun sebelumnya, donor darah ini dilaksanakan serempak oleh Basarnas di seluruh Kantor Pencarian dan Pertolongan se-Indonesia. Kepala Basarnas, Marsekal Madya TNI Hendri Alfiandi membuka secara langsung  sebelum pelaksanaan donor darah. 

Pada kesempatan tersebut, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar, Gede Darmada, S.E., M.A.P. mengutarakan pentingnya melakukan donor darah secara rutin. Untuk saat ini yang diprioritaskan adalah pendonor dengan golongan darah A dan AB. "Donor darah ini perbuatan yang mulia, karena kita menyumbangkan organ, darah ini mengalir di tubuh kita dan itu yang kita berikan kepada orang yang membutuhkan," pungkas Darmada. Ia juga mengucapkan terimakasih kepada PMI Provinsi Bali yang sudah banyak membantu setiap kegiatan donor darah di Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar. Ucapan serupa juga ditujukan kepada para tamu undangan yang hadir menyumbangkan darahnya, baik dari TNI/POLRI, BPBD, ataupun relawan SAR. 

Hadir pula dalam kegiatan donor darah kali ini, Ketua Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) Provinsi Bali, Ketut Pringgantara. Ia berpesan agar para personil Basarnas Bali dan relawan selalu menjaga kesehatan agar bisa rutin melakukan donor darah setiap kali ada kesempatan. Pak Pring, sapaan akrabnya, menyampaikan bahwa ketersediaan darah AB biasanya sulit diperoleh karena di Bali hanya ada sekitar 0,5% saja orang yang memiliki golongan darah AB. 

Sebanyak 50 kantong darah berhasil dikumpulkan. Terdata peserta yang hadir berpartisipasi sebanyak 58 orang, akan tetapi karena alasan kesehatan dan rekam medis beberapa diantaranya belum bisa melakukan donor darah. 

Rangkaian acara ditutup dengan penyerahan piagam ucapan terimakasih kepada PMI Provinsi Bali dan PDDI Provinsi Bali. Dan sebaliknya, cinderamata diberikan oleh PMI Provinsi Bali kepada Kepala Kantor dan Ketua Dharma Wanita Persatuan UP Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar.

Usai pelaksanaan donor darah, dilanjutkan Bakti Sosial mengunjungi Yayasan Penyandang Anak Cacat (YPAC) Bali. Pada momen tersebut diberikan secara simbolis bantuan berupa sembako dan dana sosial. Kedatangan ibu-ibu DWP UP Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar beserta perwakilan pegawai diterima baik dan diapresiasi oleh pihak Kepala Sekolah. Gede Darmada berharap kegiatan serupa bisa terus dilanjutkan dan rutin dilaksanakan setiap tahunnya. (ay/hmsdps)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Basarnas Bali Menggandeng PMI Selenggarakan Donor Darah

Trending Now

Iklan

iklan