Iklan

Pemedek Meninggal Dunia Di Gunung Abang

BaliKini News
Selasa, 11 April 2023 | 06:29 WIB Last Updated 2023-04-10T23:29:32Z

BALIKININEWS.COM | BANGLI — Seorang warga Desa Pecatu, Kuta Selatan diduga mengalami serangan jantung saat perjalanan di Gunung Abang, Desa Abangsongan, Kintamani, Bangli, Minggu (9/4/2023). Korban atas nama I Wayan Ariana (L/40) dalam perjalanan melakukan persembahyangan bersama rombongan berjumlah 45 orang. Pagi tadi sekitar pukul 09.00 Wita mereka naik dari Desa Suter. 

"Menurut informasi bahwa korban alami serangan jantung, kemungkinan karena kelelahan dan ketika dilaporkan kepada Basarnas Bali kondisinya sudah meninggal dunia," terang Kepala Seksi Operasi dan Siaga Basarnas Bali (Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar) I Wayan Suwena. Basarnas Bali melakukan koordinasi dengan unsur SAR lainnya untuk bergerak melaksanakan evakuasi. Sebanyak 11 personil dari Pos SAR Karangasem dilibatkan pada operasi SAR tersebut. 

"Apabila ditempuh dengan jalur darat dari Pos SAR Karangasem, memerlukan waktu antara 120 menit, untuk itu selain menggerakkan tim rescue, kami juga terus berkomunikasi dengan unsur SAR terdekat untuk bisa cepat mengevakuasi jenasahnya," jelasnya. Dari laporan awal lokasi kejadian berada di seputaran puncak gunung, berada pada jarak kurang lebih 200 meter dengan ketinggian puncak Gunung Abang adalah 2152 Mdpl," imbuh Suwena. 

"Melaksanakan proses evakuasi kemarin malam pada pukul 22.30 Wita melaksanakan pendakian sampai di atas pada pukul 01.30 Witatim rescue Pos SAR Karangasem tiba di lokasi kejadian dan bergabung dengan potensi SAR untuk melaksanakan pendakian Gunung Abang. Akhirnya sekitar pukul 01.30 Wita, tim SAR gabungan langsung menemukan target,"terang koordinator Pos SAR Karangasem, I Gusti Ngurah Eka Wiadnyana. Saat evakuasi berlangsung kondisi cuaca hujan deras dan angin kencang sehingga jarak pandang terbatas. "Kendala pada saat evakuasi kondisi cuaca berkabut, hujan, jalanan licin,  jalan sempit dan terjal," terang Koordinator Pos SAR Karangasem. 

Setelah perjalanan ditempuh selama 11 jam dari posisi korban ditemukan (ketinggian 2142 Mdpl), akhirnya tim SAR gabungan dan jenasah korban tiba di area parkir Gunung Abang, Senin (10/4/2023) pukul 12.30 Wita. Jenasah kemudian dibawa menuju rumah duka dengan menggunakan ambulance Banjar Bet Ngandang Sanur. 

Selama operasi SAR berlangsung turut melibatkan  unsur SAR gabungan dari Basarnas Bali (Pos SAR Karangasem), Dit Samapta Polda Bali, Koramil Kintamani Kodin Bangli, Polsek Kintamani, BPBD Bangli, Tim PSC Dinas Kesehatan Bangli, tim medis Klinik Mutiara Medika Sanur, Relawan Gowri Rescue Bali, Pemandu Gunung Abang dan masyarakat setempat. (ay/hmsdps)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemedek Meninggal Dunia Di Gunung Abang

Trending Now

Iklan

iklan