Iklan

Miris, Masih Ada Perusahaan Asing Menggaji Karyawan Di Bawah UMR Karangasem

BaliKini News
Selasa, 13 Juni 2023 | 21:01 WIB Last Updated 2023-06-13T14:01:54Z

BALIKINI NEWS | KARANGASEM — Miris, tidak sedikit perusahaan asing di kabupaten Karangasem membayar gaji karyawannya dibawah UMR. Hal tersebut disampaikan anggota DPRD dari fraksi Gerindra, Putu Deni Setiawan saat rapat kerja DPRD Karangasem, Senin (12/6/2023).

Dikonfirmasi kembali pada Selasa (13/6/2023) pihaknya kembali menerangkan bahwa benar ada tenaga kerja yang masih di bayar tidak sesuai dengan UMR, padahal pemilik perusahaan tersebut merupakan WNA yang mencari uang di Indonesia. "Memang betul ada salah seorang karyawan akomodasi yang mengeluh ke saya terkait besaran gajinya yang masih di bawah UMR, saya harap pemerintah dapat mencarikan solusinya,"katanya.

Menurut informasi, karyawan yang dimaksud sudah bekerja di perusahaan tersebut selama sekitar 10 tahun, namun tetapan gajinya tidak kunjung berubah. Ada pula karyawan yang hanya dibayar harian dengan besaran yakni Rp.50.000,- / hari.

"Kalau pas pandemi kita maklum lah, kadang sepi tidak ada tamu kan tidak ada pemasukan, tapi kan sekarang kondisinya sudah pulih. Dulu sebelum pandemi saya dapat asuransi kesehatan, tapi semenjak pandemi ini sudah diputus asuransinya, bahkan kadang ada yang dipanggil hanya pas ada tamu saja dan dibayar harian," kata salah satu karyawan akomodasi yang tidak mau disebutkan namanya di media.

Ditanya terkait kesepakatan, pihaknya mengatakan jika ia terpaksa harus menerima kerjaan tersebut demi untuk menutupi biaya hidup keluarganya. "Memang dari perusahaan digaji begitu, saya terpaksa menerima karena kalau tidak kan tidak bisa  kasih makan keluarga saya," tandasnya.

Untuk diketahui, gaji UMR Karangasem saat ini ialah Rp.2.700.000, sedangkan, rata-rata gaji karyawan yang dimaksud ialah hanya Rp. 1.500.000,-. 

Menanggapi hal tersebut, dikonfirmasi terpisah PLT Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Karangasem, I Wayan Sudarsana mengatakan jika pihaknya masih berusaha berupaya melakukan penelusuran. "Kita masih cari perusahaan asing yang dimaksud, nanti jika sudah ketemu baru kita komunikasikan," tandasnya. (Ami)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Miris, Masih Ada Perusahaan Asing Menggaji Karyawan Di Bawah UMR Karangasem

Trending Now

Iklan

iklan